Unggulnya Aplikasi Belanja Online Di Tengah Pandemi

Saat ini negara Indonesia bahkan Dunia sekalipun telah bergantung pada aplikasi belanja online, aplikasi belanja online mulai diminati di negara Indonesia dan terus berkembang hingga saat ini dengan segala kecanggihan tekhnologi yang ada.  Dilansir dari https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/ terdapat urutan perkembangan e-commerce di Indonesia yang dijelaskan oleh anggota dewan pembina IDEA Daniel Tumiwa, beliau menyebutkan sekitar tahun 2000an muncul Lippo Shope penjualan online dari Lippo Group. Hingga pada tahun 2001 pemerintah menyusun Undang- Undang e-commerce.

Pada tahun-tahun berikutnya hingga tahun 2021 sudah terdapat e-commerce yang berdiri dan unggul dengan ikon masing-masing, namun tahun ini 2021 diprediksi jika e-commerce akan menjadi tren yang terus berlangsung di masa pandemi dan terus berlanjut di kondisi normal baru. Sebab konsumen diharuskan mengikuti regulasi social distancing dan beraktivitas dirumah, sehingga mereka beralih ke platform online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta mencari hiburan dan interaksi. Pembayaran digital adalah metode transaksi terfavorit untuk e-commerce. Dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan e-commerce akan mulai mendorong pergerakan pembayaran tunai ke nontunai.

Maka tidak dipungkiri lagi keberadaan e-commerce saat ini telah memberikan dampak luar biasa kepada kehidupan masyarakat Indonesia, semenjak terdampak virus Covid-19 perubahan masyarakat Indonesia bergeser dengan kehidupan baru yang hampir segala kegiatan nya tersebut dilakukan di rumah. Dari mulai sekolah sampai berbelanja sekalipun.

Sebagai masyarakat yang terkena dampak, saya telah melakukan adaptasi kehidupan baru dengan kegiatan yang hampir sepenuhnya dilakukan di dalam rumah, kegiatan tersebut saya gunakan sebagai kesempatan dalam menggunakan teknologi yang semakin canggih juga memberikan wawasan baru mengenai berbelanja online yang hanya dengan sentuhan cepat dalam gawai pintar saya. Salah satunya terdapat beberapa e-commerce atau aplikasi belanja online yang memberikan kemudahan bagi saya untuk membeli kebutuhan-kebutuhan yang seharusnya saya beli keluar rumah.

Terdapat beberapa e-commerce yang saya gunakan dalam segala aktivitas saya ketika berbelanja, tergantung situasi dan kebutuhan saya dalam membeli keperluan, tujuannya agar saya dapat membandingkan harga dan penawaran dari e-commerce satu dan yang lainnya. Apalagi di bulan Ramadhan saat ini, penawaran yang dilakukan beberapa e-commerce terbilang unik dan sangat menarik banyak konsumen untuk membeli kebutuhan di e-commerce tersebut. 

Komentar

Postingan Populer